Pages

Selasa, 07 Januari 2014

Pebisnis Pilih iOS

Perangkat mobile tak hanya menjadi konsumsi pengguna umum, tetapi juga segmen korporat. Banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan perangkat mobile sebagai sarana untuk berkomunikasi dan bekerja.

Sistem operasi apa yang paling dipakai oleh pengguna dari kalangan bisnis ini?

Untuk saat ini, platform iOS memiliki konsumen terbanyak di segmen usaha kecil menengah (UKM) dan menarik minat perusahaan skala besar. Android berada di posisi kedua, sementara penggunagadget mobile Microsoft terus tumbuh di segmen korporat. 

Lenovo Menjadi Saingan

Perusahaan teknologi Lenovo asal China berhasil menyalip HP sebagai produsen komputer pribadi terbesar di dunia. Tak puas sampai di situ, Lenovo juga berambisi menyalip Samsung dan Apple dalam bisnis ponsel pintar di dunia.

Di China, Lenovo telah sukses dengan menjadi produsen ponsel pintar terbesar kedua di China setelah Samsung. Lenovo, yang tak pernah membangun rencana sederhana, mulai 2014 nanti bakal agresif di pasar Amerika Serikat dan Eropa.

"Aspirasi kami adalah, suatu hari nanti menjadi nomor 1 di ruang mobile," kata JD Howard, wakil presiden Lenovo yang bertanggung jawab mengembangkan bisnis ponsel pintar Lenovo di luar pasar China. "Aku tahu ini kedengarannya gila, tapi bahkan lima tahun yang lalu, jika saya mengatakan kami akan menjadi produsen komputer pribadi nomor 1, orang akan mengatakan kami gila."

Lenovo punya tantangan besar jika ingin berkuasa di pasar negara maju, karena selama ini, pasar tersebut dikuasai oleh Apple dan Samsung untuk produk ponsel pintar.

Lenovo harus segera memperluas fokus bisnisnya ke perangkat mobile, mengingat kecenderungan bahwa bisnis komputer pribadi terus menurun. IDC memprediksi penjualan komputer pribadi akan turun hampir 14 persen menjadi 314 juta unit di tahun 2013, dari 364 juta unit pada tahun 2011. IDC mengatakan, banyak perusahaan menunda pembelian komputer karena kondisi ekonomi global yang melemah.
Memang, lebih dari 90 persen penjualan ponsel pintar Lenovo masih berada di pasar China. Pasar potensial lain yang diincar Lenovo adalah Indonesia. Chief Operational Officer Lenovo Indonesia, Sandy Lumi mengutip data IDC, bahwa Lenovo menguasai sekitar 10 persen pasar ponsel pintar Indonesia pada kuartal ketiga 2013. Tahun lalu, Lenovo mulai gencar memasarkan ponsel pintar ke India, Vietnam, Filipina, dan Rusia.