Pages

Senin, 08 Oktober 2012

--O--


ORGANISASi


I.           PENGERTIAN
Pertama-tama saya akan menjelasan arti dari apa itu “Organisasi”. Organisasi sendiri merupakan sekumpulan 2 orang atau Lebih yang disusun dalam kelompok yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.
Seorang manusia didalam hidupnya pasti pernah mengikuti setidaknya satu dari banyak organisasi yang ada, diapun pastinya ikut terlibat dalam interaksi kelompok tersebut. Dalam organisasi sendiri pasti terdapat visi dan misi yang nantinya menjadi suatu acuan atau tujuan kemana nantinya kelompok itu mencapai suatu tujuan. Semua orang yangberada dalam organisasi tersebut pun pasti akan bekerja maksimal untuk tujuan dalam kelompok itu. Dalam organisasi itu pun tidak main-main dalam pendiriannya, pastinya jika suatu kelompok dua orang itu ingin membentuk organisasiyang resmi haruslah memenuhi persyaratan yang semestinya dilakukan terhadap organisasi-organisasi yang lainnya.
Maka saya akan menjabarkan juga apa saja persyaratan dalam mendirikan suatu organisasi yang resmi, yaitu :
1.      Adanya suatu struktur kepemimpinan dan jenjang jabatan yang membuat suatu individu satu dengan yang lainnya dapat saling bekerjasama, misalnya saja dalam suatu organisasi pasti memiliki ketua sebagai pemimpin, wakil, sekretaris, bendahara, anggota dan lainnya yang memungkinkan suatu organisasi itu berdiri
2.      Seperti yang tadi sudah saya bahas, dalamorganisasi pasti memiliki visi dan misi sebagai suatu acuan kemana arah dan apa hasil dari organisasi tersebut, serta pastinya akan ada pembagian tugas antara bagian yang satu dengan yang lainnya.






II.        PENGALAMAN , PANDANGAN

Saya sendiri dapat merasakan pengalaman dalam berorganisasi ialah ketika saya menginjak bangku SMA ( Sekolah Menengah Atas ) yang saat itu dipilih pada saat duduk dibangku kelas dua. Saat itu saya yang masih belum memiliki pegangan dalam berorganisasi dan terpilih menjadi wakil dari ketua kesenian disekolah untuk dua tahun periode kepemimpinan pada tahun 2009-2010. Hal pertama yang terbenak dalam pikiran saya saat itu ialah, saya saat itu menjabat dalam posisi wakil dari ketua yang artinya jabatan tersebut berada pada posisi satu tingkat dibawah dari pemimpin seksi kepengurusan. Tentunya pada saat itu sudah terpilih terlebih dahulu ketua dari OSIS itu sendiri, maka setelah terpilih ketua, ketua tersebut memilih siapa saja orang-orang yang akan membantu dalam tugas-tugasnya. Ketika saya terpilih untuk diberi kepercayaan saat itu dalam menjabat wakil, saya pastinya hanya bisa menerima karena jabatan tersebut juga sesuai dengan apa yang saya miliki dalam kemampuan saya dan tentunya hrus melewati masa-masa kepemimpinan yang saya rasa cukup sulit untuk dijalani. Saya yang masih belum memiliki pengalaman tersebut belajar dari teman-teman yang manjabat dalam posisi yang sama, saya belajar dari bagaimana cara berinteraksi yang baik untuk mengemukakan pendapat baik terhadap teman ataupun guru kiranya kita dapat berpendapat tanpa membuat kesalah pahaman antara teman ataupun guru sekalipun. Ketika saya sudah memiliki sedikit pegangan itu maka saya bersama ketuapun mulai membuat rancangan apa yang harus kita lakukan sebagai bagian dari kesenian suatu sekolah untuk membuat suatukegiatan sekolah. Pertama yang terbesit dalam pikiran ialah dengan mengadakan suatu pentas seni, yang sebelumnya sudah 4 tahun mati sudah tidak dilaksanakan. Tentunya akan sangat sulit sekali bagi saya saat itu dalam pengerjaan kegiatan tersebut, saat itu kita tidak hanya bekerja antara ketua dengan wakil masing-masing kepengurusan tetapi semua pun diajak ikut terlibat dalam pengerjaan kegiatan yang besar ini dengan melibatkan anggota-anggota yang jumlahnya cukup banyak, dan darisitulah saya pun ikut belajar bagaimana orgnisasi itu dijalankan secara bersama-sama. Saat itu segala rencana baik dari segi dana, sponsor, panitia dan lain-lain telah rampung disusun dengan sedemikian rupa dan list-list acara terssebut. Maka akibat usaha keras yang kita lakukan bersama-sama itupun acara tersebut dapat berlangsung dengan baik dan lancar.
Dari pengalaman di tahun ajaran kedua disekolah saya sebagai wakil dari ketua kesenian itu pun mulai tertantang untuk melakukan yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh kepemimpinan sebelumnya. Saat itu saya yangmewakili dari bagian kesenian mernarik beberapa orang dari teman-teman saya untuk mengikuti perlombaan seni dalam bidang musik band. Perlombaan tersebut dilaksanakan oleh SMA yang tentunya merupakan salah satu SMA swasta terfavorit yang memiliki peringkat 3 nasional dalam prestasi dan tentunya dalam jenjang yang besar yaitu “jabodetabek”. Kami yang sudah mengusai masing-masing kemampuan pun terus berlatih. Saya yang saat itu dengan tujuan dapat membawa nama sekolah pun terus berlatih. Dan berkat usaha maksimal yang kita lakukan itupun maka saya dan teman-teman dapat meraih juara 3 dalam bidang tersebut. Tentunya itu merupakan suatu pengalaman yang besar dalam diri saya dan hal tersebut itu juga baru dilakukan oleh angkatan saya dan tentunya saya turut berperan dalam itu.
Demikian pengalaman singkat dari organisasi yang sudah pernah saya ikuti pada masa sekolah.

Saya juga akan memberikan sedikit pandangan terhadap sebagian organisasi yang saya amati. Saya mengetahui sebagian dari organisasi yang berada pada luar lingkungan sekolah misalnya seperti organisasi kepemudaan pancasila dan organisasi masyarakat lainnya. Saya menganggap menurut pengelihatan saya sendiri sebagian dari organisasi masyarakat tersebut masih menyimpang dari sistem organisasi. Organisasi maysarakat yang saya tahu masih memiliki suatu budaya kekerasan yang pastinya sangat ditolak oleh orang banyak, dan tidak hanya organisasi pada masyarakat saja, bahkan pada organisasi keagamaan tertentu pun masih sering terjadi budaya kekerasaan atau anarkisme apabila dalam penyampaianpendapat mereka nantinya mendapat penolakan. Saya rasa mereka harus bisa melakukan organisasi yangbaik, baik itu dalam penyampaian ataupun orang-orang yang ada didalamnya. Saya berharap nantinya seluruh organisasi yang ada dapat berinteraksi satu dengan yang lain secara baik sehingga menyenangkan hati kita semuanya






                                                                                                                           ANDREW HOTMANDO (10111796)
                                                                                                            2KA18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar