Pages

Kamis, 24 Oktober 2013

Bahasa Sebagai Alat Komunikasi

Bahasa sebagai alat komunikasi itu merupakan sebagai suatu alat untuk menyampaikan maksud dari satu pembicara ke pendengar lainnya agar maksud dari pembicara itu sampai kepada pendengar.
Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi itu sendiri yaitu sebagi alat penyampaian maksud apa yang akan kita sampaikan agar orang itu tertarik pada pembicaraan kita. Misalnya :
  • Dalam dunia bisnis bahasa ini merupakan suatu alat komunikasi yang sangat penting sekali, bahasa yang digunakan haruslah benar-benar dapat menarik klien nantinya yang artinya penggunaan bahasa itu haruslah berupa ajakan yang menarik perasaan pendengar sehinga mampu membeli suatu produk atau jasa yang akan kita tawarkan. Apabila kita salah atau tidak baik dalam penggunaan berbahasa ini maka orang yang kita ajak tersebut akan tidak tertarik dan bisa langsung menolak. Ini sangat dihindari dalam dunia bisnis. Maka dari itu bahasa sangat penting sekali dalam komunikasi di dunia bisnis ini.

  • Dalam dunia pendidikan bahasa juga merupakan alat komunikasi yang peting. Guru ataupun pengajar haruslah menggunakan bahasa-bahasa yang nantinya komunikatif dan mudah dimengerti oleh para perserta didik sehingga segala sesuatu yang diajarkan maknanya dapat diterima olehpara peserta didik. Para pengajar tentunya tidak dapat menggunakan bahasa sehari-hari sekalipun ada kedekatan antara pengajar dan peserta didik. Apalagi untuk dunia pendidikan seperti pada tingkat SD, bahasa yang dikeluarkan dari para pengajar pun haruslah sangat baik dan baku karena pada saat inilah manusia memperoleh bekal apa yang diterima untuk bekal dewasa nanti.

  • Dalam dunia pemerintahan bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi juga haruslah baik, agar tiap-tiap orang dari kubu yang berbeda dapat saling menghargai dan nantinya tidak ada persaingan yang kotor antara pihak lainnya. Dan Haruslah menjaga perasaan satu sama lain juga. Selain itu juga penggunaan bahasa ini haruslah baku dan didengar enak ditelinga karena ini akan didengar dan diterima oleh masyarakat, jika salah dalam berbicara maka akan juga menimbulkan reaksi diantara masyarakat. Serta juga para pemerintah ini juga menjadi contoh sikap bagi para rakyatnya, maka dari itu dari bahasa juga dapat menentukan perilaku nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar