Pages

Kamis, 31 Oktober 2013

Penulisan Karya Tulis

Kualitas dari karya tulis itu ditentukan dari dua macam yaitu :

1. Topik yang Menarik

    Dalam penulisan suatu karya tulis penulisan topik tentang apa yang nantinya akan dibahas pada karya tulis itu merupakan sesuatu yang sangat penting. Pertama ialah nantinya para pembaca dapat tau bahwa karya tulis kita akan bermanfaat bagi dia atau tidak. Kedua nantinya penulisan karya tulis kita akan dilihat orang dan mereka akan meniai bagaimana kualitas kita dalam menulis suatu karya tulis. Apakah kita masih berantakan dalam penyusunan bahasa ataukah mereka akan terkesan pada penulisan karya tulis kita.
Usahakan kita membahas suatu penulisan karya tulis itu dengan tren topik yang sedang dibicarakan banyak orang saat ini, agar nantinya para pembaca tersebut ter update informasi yang mereka dapatkan. Misalnya saja jika kita ingin mengambil pembicaraan menganai teknologi usahakan topik yang diambil nantinya mengenai ruang lingkup yang menarik untuk menjadi bahan penulisan, misalnya saja mengenai pemahasan gadget yang sudah berkembang pesat sejauh ini. Apabila kita juga ingin melakukan pembahasan pada dunia otomotif maka topik pembicaraan usahakan mengacu tentang teknologi yang ada pada berbagai jenis kendaraan saat ini. Selain kita membuat topik yang menarik kita juga harus menguasai topik pembicaraan itu, jangan sampai apa yang kita abil untuk di jadikan sebagai bahan penulisan berbeda dan diluar pengetahuan kita.
Maka dari itu solusi untuk mendapatkan topik yang menarik sebagai bahan penulisan karya ilmiah itu tersebut ialah dengan melakukan pembahasan topik mengenai berita atau pembicaraan yang sedang dibicarakan saat ini dikalangan masyarakat.

2.  Mudah di Pahami Pembaca

     Dalam penulisan karya tulis tentunya hal ini juga harus diperhatikan oleh sipenulis. Yang dimaksud disini ialah tentunya dalam penulisan suatu karya tulis kita nantinya janganlah menggunakan kata-kata yang tidak lazim kita gunakan dalam pengucapan bahasa sehari-hari dan yang membingungkan dalam logika pembaca nantinya. Saya akan mencontohkan sedikit beberapa kalimat yang seharusnya tidak ada dalam penulisan suatu penulisan karya tulis :



  • Pada opening penulisan "Penulisan ini pastinya nantinya tidak akan menimbulkan kontroversi pada pembahasan lain ... "
          Koreksi : dalam penggunaan kalimat diatas kata-kata "pastinya,nantinya" penulisan -nya pada   akhir kata itu kita tidak dapat menggunakan di kedua kata yang berkelanjutan karena akan menimbulkan  ketidaknyamanan dalam membaca dan berbicara selain itu penulisan itu juga salah dalam struktur penulisan kalimat pada Bahasa Indonesia. Selain itu juga penempatan kata"kontroversi" itu tidaklah tepat pada penulisan suatu makalah. Karena penggunaan kata-kata itu merupakan kata-kata sehari-hari yang kita gunakan sedangkan untuk penlisan suatu karya tulis haruslah merupakan kata-kata yang baku yang sesuai dengan penulisan bahasa

  • Pada penutupan kalimat " Untuk itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada... "
          Koreksi : dalam penulisan kalimat diatas kesalahan pertamanya ialah pada kalimat "mengucapkan". Kata-kata tersebut salah karena dalam penulisan saya yang sebagai subjek sipenulis kata kedua haruslah berupa kata yang tidak menggunakan imbuhan me- yang membuat kesalahan pada kalimat tersebut nantinya. Setelah itu penggunaan kalimat "terima kasih yang sebesar-besarnya" itu juga merupakan suatu penulisan kalimat yang salah karena apabila orang mengucapkan terima kasih tidaklah perlu dengan aksen yang berlebihan seperti itu dengan kesan kita mengucapkan sebanyak apa pada orang tersebut nantinya. Maka ini koreksi kalimat yang benar "Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada ... ". Dengan penyederhanaan kalimat seperti itu, itulah merupakan kalimat yang benar.

   Selain itu juga hindarilah pengulangan-pengulangan kata-kata yang tidak perlu dilakukan pengulangan. Dan yang lebih penting juga apa yang kita tulis para pembaca mengerti maksud dan kemana arah pembicaraan kita nantinya.
Maka dari itu gunakanlah bahasa yang pastinya mudah dipahami bagi para pembaca sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar