Pages

Senin, 26 September 2011

Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar yang didalamnya terdiri dari penduduk dan lapisan masyarakat yang sangat banyak. Maka dari itu dari jumlah pendduduk yang sangat banyak itulah yang membuat Bangsa Indonesia menjadi kaya, tidak dikenal kaya akan kekayaan alamnya tetapi juga dari kekayaan masyarakat yang memiliki suku dan budaya yang berbeda-beda, dandari masing-masing itu memiliki suatu hubungan yang saling menentukan antara penduduk, masyarakat dan budayanya.

Suatu negara dan Bangsa Indonesia sendiri tidak akan tebentuk tanpa adanya suatu penduduk di dalamnya dan penduduk itu sendiri sangat penting dalam berjalannya suatu negara. Penduduk sendiri dapat diartikan dengan sekumpulan orang yang mendiami wilayah tertentu dan dapat berkembang dalam suatu wilayah tertentu pula. Penduduk Indonesia saat ini memiliki urutan ke lima terbanyak di dunia setelah Cina, India, Rusia dan Amerika Serikat.
Didalam kependudukan terdapat suatu pertumbuhan didalamnya yang membuat bertambahnya populasiyang terbentuk dari suatu penduduk.
Bangsa Indonesia sendiri memiliki pertumbuhan penduduk yang sangat pesat dari Negara-negara tetangga disebelahnya. Menurut data yang saya baca sendiri dari tahun ke tahun penduduk Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 30 persen tiap tahunnya. Dan itu akan terus tetap bertambah banyak karena kurangnya kontrol dari pemerintah sendiri. Didalam suatu penduduk yang mendiami suatu negara atau wilayah terdapat sekumpulan lapisan masyarakat yang tumbuh dan berkembang.
 Maka dari itu Masyarakat dapat diartikan dengan sekumpulan orang-orang yang berkumpul dan saling berinteraksi anatar tiap individunya. Setiap lapisan masyarakat diwajibkan agar adanya suatu interaksi didalamnya agar terciptanya suasana yang harmonis dalam setiap ruang lingkupnya.

Di Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau didalamnya memiliki sifat dan budaya yang berbeda dari setiap masyarakat di satu wilayah dan wilayah lainnya, dan budayanya sendiri tercipta dari suatu pola pikir darikehidupan masyarakat didalamnya, Budaya masyarakat itu sendiri dapat diartikan dengan cara hidup yang berkembang yang dimiliki sekelompok orang dan pastinya akan diturunkan ke setiap generasinya. Itu berbeda dengan arti dari suatu Kebudayaan. Menurut saya Kebudayaan dapat diartikan dengan nilai dari suatu budaya, kebudayaan yang baik akan melahirkan bangsa yang baik, maka sebaliknya bila suatu masyarakat memiliki perilaku kebudayaan yang buruk maka itu mencerminkan Budaya dari Negara itu juga yang buruk. Bangsa Indonesia sendiri sering menyerap total budaya yang berasal dari luar tanpa adanya sikap untuk mencegah hal-hal yang buruk. Ini sangat tidak baik baik, karena dapat merubah budaya yang sudah melekat dan menjadi cirri bagi Bangsa Indonesia.
Maka dari itu pengertian penduduk, masyarakat dan budayanya sendiri memiliki suatu kaitan yang sangat erat yang mana bila tidak ada salah satu maka juga tidak akan ada yang lainnya.


*hasil karya blog semuanya bikinan sendiri tanpa adanya copas :)
by : ANDREW 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar