Pages

Kamis, 19 Juni 2014

Cara Stem Gitar

Belajar menstem gitar ,kalau sudah bisa  bermain gitar, pastinya harus bisa menstem gitar ,Memang stem gitar itu susah (bagi anda yang buta nada/belum pekat betul mendengar irama nada).

Tapi sebenarnya stem gitar itu sangatlah gampang  kalau anda benar benar memahaminya dan mendengarkan posting saya dengan baik.Mulai membiasakan diri menyetem sendiri gitar anda, karena permulaan yang baik adalah mengetahui cara stem gitar.cara stem/tuner gitar bermacam-macam, ada yang di standartkan dengan nada yang asli (paten), biasanya senar nomer 1 berbunyi nada E.tapi ada yang stem gitar dengan bunyi ala kadarnya.

Berikut nada-nada yang terdapat pada senar: senar nomer 1 nada E (Senar paling bawah) - senar nomer 2 nadaB - senar nomer nada G - senar nomer 4 nada D - senar nomer 5 nada A - senar nomer nada E (Senar paling atas)

Langkah pertama kita belajar stem gitar dengan men-standartkan nada. Bisa pakai bantuan kiboard (piano), pakai efek digital juga bisa, atau dengan mendengarkan panduan musik (Misalnya nada intro sebuah lagu yang kita ingat kemudian kita cocokan dengan melodi gitar).
Terserah anda mau stem dari senar 1 - 6 pakai bantuan, atau cuma butuh nada E nya saja.kalau nada E (senar nomer 1) sudah ketemu, berikut langkahnya:


  • Samakan nada senar nomer 1 dengan nada standart dengan bantuan seperti pada contoh diatas.
  • Samakan nada senar nomer dengan senar nomer 1 di fret/kolom nomer 5
  • Samakan nada senar nomer 3 dengan senar nomer 2 di fret/kolom nomer 4
  • Samakan nada senar nomer 4 dengan senar nomer 3 di fret/kolom nomer 5 
  • Samakan nada senar nomer 5 dengan senar nomer 4 di fret/kolom nomer 5 
  • Samakan nada senar nomer 6 dengan senar nomer 5 di fret/kolom nomer 6

1 komentar:

  1. Salam kenal, mohon izinkan saya berbagi link untuk yg ingin memperdalam gitar secara lengkap dalam berbagai tehnik dan mengunduh materi Pemula, blues, jazz dlm Bhs Indonesia silahkan kunjungi juga www.gitarzoom.blogspot.com
    Trimakasih

    BalasHapus