Pages

Rabu, 26 Oktober 2011

Pendidikan dalam Pembangnan

Kita semua mengetahui pastinya pendidikan merupakan hal penting dari manapun, karena pendidikan akan mempengaruhi perkembangan zaman saat ini. Menurut saya seseorang haruslah memiliki pendidikan minimal menengah keatas atau SMA sederajat. Pemerintah pun telah menetapkan juga  minimal seseorang harus sampai pada jenjang SMA. Itu pun masih terasa sulit nantinya dalam mencari pekerjaan, karena untuk saat ini lapangan pekerjaan mencari pendidikan dari seseorang minimal S1.  Pendidikan sendiri mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia unuk pembangunan.Perkembangan zaman selalu memunculkan persoalan-persoalan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.


Pada umumnya setiap orang merasa mengerti tentang apa pendidikan itu, akan tetapi apabila kepadanya di tunjukan lebih jauh mengenai arti yang esensial, mengenai dasar dan tujuan serta mengenai berbagai persoalan lain tentang pendidikan itu.
Mengingat perkembangan zaman yang amat pesat, pendidikan sangatlah berperan penting bagi kelangsungan hidup yang lebih baik dan terarah. Pendidikan adalah proses membimbing manusia dari kegelapan kebodohan menuju kecerahan pengetahuan atau dari tidak tahu menjadi tahu. Dalam arti luas pendidikan baik formal atau informal meliputi segala hal yang memperluas pengetahuan manusia tentang dirinya sendiri dan tentang diri mereka.
Sedangkan pembangunan berarti perbaikan untuk menuju ke arah yang lebih maju, perbaikan dari yang belum ada menjadi ada, perbaikan dari yang jelek menjadi baik. Karena pembangunan itu membangun dan memperbaiki.

            Dari pendidikan itu diharapkan juga agar setiap orang yang melaksanakan dapat mengembangkan potensi dan bakat yang ada dalam dirinya sehingga nantinya dapat menciptakan sesuatu yang berguna bagi lingkungan disekitarnya. Menurut saya juga pendidikan tidaklah harus diajarkan oleh orang yang talah memiliki jenjang yang pantas seperti guru, dosen dll. Menurut saya pendidikan dapat juga dilakukan oleh lembaga-lembaga yang berada di masyarakat. Dan pendidikan yang diajarkan juga tidak harus berkaitan dengan eksak seperti yang ada dalam pelajaran formal disekolah lainnya, pendidikan dalam masyarakat dapat berupa pendidikan rohani menurut agama yang ada dilingkungan sekitar. Dengan begitu masyarakat sekitar tidak kaya akan pengetahuan sekitar tetapi juga kaya akan pengetahuan imannya dengan begitu kehidupan rukun pun akan tercipta. Dengan hal kecil tersebut kita sudah dapat melaksanakan pembangunan, pembangunan yang tidak dilakukan secara fisik tetapi pembangunan dari dalam yang nantinya akan mempengaruhi tindakan diluarnya.
Maka dari itu kita dapat mengetahui betapa pentingnya sebuah pendidikan bagi kemajuan bangsa, karena bangsa yang maju ialah bangsa yang memiliki kualitas pendidikan yang bagus 

*hasil karya tulisan yang dibuat merupakan buatan hasil pikiran sendiri :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar