Pages

Kamis, 24 November 2011

Desa Masyarakat Desa dan Pembangunan Pedesaan


Dalam pokok bahasan ini kita akan membahas lebih mengenai desa beserta kehidupan lainnya yang bereada di dalamnya. Saya akan memberitahukan terlebih dahulu apa itu pengertian dari Desa ? Desa merupakan suatu tempat dimana seluruh anggota dan lapisan masyarakat tinggal didalamnya dan masyarakat desa sendiri merupakan para warga yang tinggal dalam suatu desa tersebut dan melakukan segala kehidupan dan aktifitasnya sehari-hari.


Masyarakat di dalam suatu pedesaan cenderung sekali berkehidupan dengan berkelompok, gotong-royong dan saling membantu. Itulah yang akan kita temukan nantinya apabila kita berkunjung ke suatu pedesaan. Didalam masyarakat desa tersebut sikap-sikap tolong-menolong masih sangat kental dirasakan karena memang itulah cirri dari kehidupan pedesaan. Dari kehidupan masyarakatnya yang sederhana hidup berdampingan satu sama lain. Disitulah rasa kekeluargaan dan kekompakan itu tumbuh. Masyarakat desa sendiri sangatlah menghormati tokoh masyarakatnya, karena mereka lah yang di lihat dan di contoh sebagai panutan dan yang nantinya akan ditiru oleh masyarakatnya. Tokoh masyarakat dalam pedesaan pun pastinya akan mengajarkan hal-hal yang baik pada masyarakatnya sehingga masyarakat pun hidup dengan rukun dan saling berdampingan antara satu dengan yang lain. Masyarakat didesa pastinya mengenal tiap-tiap dari tetangga yang berada disebelahnya dan mereka turut berkumpul dan saling membantu apabila terdapat kesulitan di salah satu warganya.
Tetapi kebaikan dari masyarakat didesa tidak lah didukung dari segi pembangunan yang ada didalamnya. Pembangunan masyarakat di pedesaan cenderung tertinggal disbanding masyarakat di perkotaan. Itu dikarenakan mungkin kurangnya resapan bantuan pembangunan dari pemerintah di wilayahnya. Tetapi pembangunan yang besar seperti itu tidaklah sangat diharapkan sekali oleh masyarakatnya karena mereka sudah terbiasa untuk bergotong-royong dalam membangun sarana dan prasarana yang berada dalam desa tersebut. Maka dari itu kita pun turut harus memberi perhatian kepada masyarakat yang ada didesa karena disitulah banyak contoh yang dapat kita tiru nantinya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar