Pages

Kamis, 29 Maret 2012

Softseek


Merupakan search engine yang berfungsi untuk melakukan pencarian berbagai macam software baik yang freeware maupun sharewar. berarti secara tidak langsung "softseek" ini sendiri memiliki arti sebagai suatu mesin pencari yang dapat kita gunakan untuk mencari segala informasi yang kita inginkan.
Freeware yang dimaksudkan sendiri diatas ialah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar bila ingin menggunakannya. Perbedaan yang terdapat dengan "Shareware" hanyalah sedikit, apabila dalam "freeware"  segalanya bebas, gratis dan tanpa batasan tertentu, dalam "shareware" juga memiliki kebebasan, akan tetapi bila pada waktu tertentu terdapat pembatasan untuk menggunakanya.

Shareware yang dimaksudkan disini dengan memiliki kebebasan ialah. Merupakan suatu program yang pada awalnya kita dapat memakai atau menggunakan secara cuma-cuma untuk sekedar menguji atau mencobanya. Dan batasan yang dipakai dalam penggunaan free ini biasanya berkisar antara 30 - 31 hari batas pemakaian, dan apabila kita tertarik untuk menggunakannya kita bisa membeli program tersebut.
Kita juga dapat menemukan  perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak  dengan bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.
Memang benar bahwa dengan berjalannya waktu privasi dan keamanan informasi telah diserang oleh program-program ini, karena beberapa dari mereka diinstal program perangkat lunak tambahan (Spyware), yang mengumpulkan informasi yang tersimpan di hard drive pengguna dan saham dengan pihak ketiga, apakah mereka adalah perusahaan iklan atau organisasi lain. Software Kazaa, misalnya, di samping menginstal program utama iklan lainnya dikirim ke komputer Anda berdasarkan preferensi browsing Anda. Oleh karena itu, dianjurkan untuk membaca kontrak dengan End User License Agreement (EULA) yang muncul selama instalasi untuk persetujuan persyaratan penggunaan.

Disini juga kita akan mengetahui sedikit mengenai  "Search Engine". Merupakan suatu web site yang menyediakan pelayanan untuk mencari informasi, beberapa search engine memiliki pendekatan teknik searching yang berbeda dari yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar