Pages

Sabtu, 08 Juni 2013

Imbalan dan Hukuman Dalam Organisasi



Sebelum kita masuk kedalam materi mengenai imbalan dalam organisasi ini kita perlu mengetahui arti dari organisasi itu.
 Organisasi merupakan suatu hubungan – hubungan yang terpolakan diantara orang – orang yang berurusan dengan aktifitas-aktifitas ketergantungan yang diarahkan pada suatu tujuan tertentu.
Maka dari itu imbalan sendiri yang dimaksud dalam organisasi ini ialah segala yang kita terima atas apa yang kita berikan kontribusi terhadap organisasi yang kita lakukan. Segala bentuk imbalan yang kita berikan itu biasanya akan memberikan dampak positif bagi kita nantinya dan biasanya imbalan tersebut berupa jasa dari teman organisasi kita juga.
Apabila hukuman sendiri itu ialah merupakan suatu kritikan dari atasan jabatan organisasi pada pihak bawahannya dan biasanya dapat berupa tekanan.



Berikut akan dijelaskan pendapat dari orang-orang mengenai hal tersebut :

  • ·         Ivancevich (1998) Compensation is the Human Resources Management function that deals with every type of reward individuals receive in exchange for performing organization tasks.Kompensasi adalah fungsi manajemen sumber daya manusia yang berkaitan dengan semua bentuk penghargaan yang dijanjikan akan diterima karyawan sebagai imbalan dari pelaksanaan tugas dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan.



  • ·         Triton (123:2010) Imbalan adalah satu upaya yang dilakukan oleh manajemen untuk meningkatkan prestasi kerja, motivasi, dan kepuasan kerj para karyawan. Kompensasi dapat berupa upah per jam, hari atau gaji yang bersifat periodik.









Imbalan disini yang dimaksudkan terdapat dua bagiannya yaitu :

  • ·         Imbalan Intrinsik

Merupakan imbalan yang berasal dari pekerjaan itu sendiri, imbalan tersebut mencakup rasa penyelesaian, prestasi, otonomi, dan pertumbuhan.
Rasa Penyelesaian merupakan kemampuan untuk menyelesaikan suatu proyek pekerjaan yang terpenting bagi sejumlah individu. Dan dampaknya sendiri bagi individu ialah adanyasuatu motivasi.
Penyelesaian Prestasi  merupakan imbalan yang ditata sendiri yang dicapai oleh seseorang yang jika orang itu mencapai suatu tujuan yang menantang.
Pertumbuhan Pribadi disini merupakan suatu pengalaman yang unik dari organisasi itu. Jika seseorang  sedang mengalami pertumbuhan dan merasakan perkembangan seseorang akan mampu memaksimalkan kemampuan potensi dari dalam diri orang itu.



  • ·         Imbalan Ekstrinsik

Merupakan imbalan yang berasal dari pekerjaan dan imbalan tersebut mencakup uang, status, promosi akan jabatan, dan rasa hormat.
Imbalan Uang disiini merupakan imbalan dari ekstrinsik yang utama dan secara umum diketahui uang adalah pendorong utama dari segala sesuatu.
Status disini merupakan imbalan antar pribadi yaitu dengan menugaskan individu pada pekerjaan yang berwibawa. Dalam halini berarti manajer dan rekan kerja akan berperan penting dalam menganugerahkan suatu pekerjaan.
Rasa Hormat merupakan penggunaan manajerial atas pengakuan atau penghargaan yang melibatkan manajer akan penetahuannya tentang pelaksanaan pekerjaan yang baik.

Asumsi umum ialah bahwa imbalan intrinsic dan imbalan intrinsic mempunyai pengaruh dan tambahan atas motivasi. Dalam hal ini motivasi ditentukan oleh motivasi intrinsic dan motivasi ekstrinsik. Oleh karena itu manajer harus waspada terhadap masalah bahwa pemberian imbalan ekstrinsik mempunyai dampak negative terhadap dampak intrinsic tersebut nantinya.

Hukuman Terhadap Organisasi

Hukuman yang dimaksud dalam organisasi ini ialah suatu proses penentangan atau menghilangkan perstiwa positif diikuti tanggapan untuk mengurangi respon, dan perilaku itu pastinya tidak disukai atas atasan tersebut nantinya.
Berikut beberapa pendapat dari orang – orang atas hukuman dalam organisasi tersebut :
  • ·         E.L. Thorndike (Reward and punisment in animal learning, Contemporary psychological Monograph, 1883,8,no.39). mengemukakan bahwa hukuman memaksakan dampaknya atas perilaku dengan melemahkan hubungan antara stimulus dan tanggapan (response) selanjuutnya ia meninjau ulang tentang pernyataan tersebut tersebut.


Ada hubungan atau kemungkinan antara tanggapan yang ditentukan konsekuensi yang tidak disukai. Penolakan beberapa pihak akan hukuman didasarkan atas moral bahwa tindakan yangmenyakitkan adalah buruk dan harus dihindarkan.
Disamping alas an moral yang menentang adanya penggunaan hukuman, terdapat argumentasi kontra sebagai berikut :

·         Penggunaan hukuman agaknya untuk mengurangi terjadinya pelaku tertentu yang sedang dikenai hukuman.
·         Diasumsikan oleh beberapa penyanggah bahwa penggunaan hukuman akan menghasilkan dampak sampingan yang tidakdiharapkan.
·         Dampak hukuman hanya bersifat sementara, dan apabila ancaman hukuman ditiadakan, tanggapanyang diharapkan akankembali seperti semula.
·         Melalui belajar mengamati hukuman mungkin akan menghasilkan dampak negative.




Berikut juga dijelaskan segala perilaku yang dapat memperoleh hukuman :

·         Keabsenan
·         Kelambanan
·         Mencuri
·         Berkelahi
·         Mengancam pimpinan
·         Mengulangi prestasi jeleknya.


Bahan Referensi dan daftar pustaka

FX. Suwarto, Drs., MS , Gibson , Ivancevich , Donnelly 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar