Pages

Selasa, 02 Juli 2013

BUDAYA ORGANISASI


Saya akan menjelaskan arti dari apa itu organisasi. Organisasi merupakan suatu hubungan-hubungan yang terpolakan di antara orang-orang berurusan dengan aktivitas-aktivitas ketergantungan yang diarahkan pada suatu tujuan tertentu.
Organisasi ini banyak sekali dapat kita jumpai baik dari jenis berdirinya maupun fungsi dari organisasi itu berdiri sendiri. Ada organisasi yang berdiri hanya untuk mencari profit atau hanya keuntungan semata ataupun untuk edukasi dan komunitas social saja. Selain itu juga organisasi tersebut ada juga yang bersifat resmi maupun tidak resmi, tipe organisasi yang resmi ini pasti terdaftar keaktifan organisasinya dan biasanya tidak bersifat profit sementara, sedangkan yang tidak resmi biasanya hanya berupa komunitas saja dan mengumpulkan profit saja dalam tugasnya. Semua jenis dan tipe organisasi itu merupakan sesuatu yang ada pada organisasi saat ini.

Berikut juga akan saya jelaskan apa fungsi dari budaya organisasi itu sendiri. Budaya yang merupakan suatu cerminan perilaku atau sikap yang dinilai secara positif, yang berarti budaya organisasi itu merupakan segala perilaku sikap yang dijalankan oleh setiap organisasi yang ada. Berikut juga menurut beberapa ahli pakar organisasi ( ROBBIN ’94) yang menjelaskan detil fungsi dari organisasi, yaitu :
  • ·         Budaya mempunyai suatu peran menetapkan tapal batas, artinya budaya menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dengan organisasi yang lain, dan budaya ini juga akan menjaga jarak sikap dan perilaku antar tiap-tiap orangnya.


 ·         Budaya membawa suatu rasa identitas bagi anggota-anggota organisasi. yang dimaksud ialah bahwa tiap orang dalam organisasi ini nantinya akan memiliki rasa identitas atau ciri yang menunjukan diri anggota itu nantinya.
  • ·         Budaya mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih luas daripada kepentingan pribadi seseorang. Sehingga nantinya kepentingan pribadi tiap-tiap anggota nantinya dapat menjadi dikesampingkan ketimbang kepentingan kelompok.

 ·         Budaya memantapkan sistem sosial, yang artinya merupakan perekat sosial yang membantu mempersatukan suatu organisasi dengan memberikan standar-standar yang tepat untuk apa yang harus dikatakan dan dilakukan oleh para karyawan.

  • ·         Budaya berfungsi sebagai mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu dan membentuk sikap serta perilaku para karyawan.


Saya akan juga menjelaskan tipologi dari organisasi ini, mungkin pertama kita juga harus mengetahui tipologi itu apa. Tipologi itu merupakan pengelompokan atau bisa juga suatu pembahasan dari suatu bahasan yang dibahas secara lebih dalam lagi atau bisa juga dalam kiasan. Maka dari itu Tipologi yang akan dijelaskan ini berdasarkan suatu ahli peneliti yaitu (Sonenfeld “96) dalam organisasi itu merupakan:


  •  Akademi
Perusahaan suka merekrut para lulusan muda universitas, memberi mereka pelatihan istimewa, dan kemudian mengoperasikan mereka dalam suatu fungsi yang khusus. Perusahaan lebih menyukai karyawan yang lebih cermat, teliti, dan mendetail dalam menghadapi dan memecahkan suatu masalah.


  •   Kelab
Perusahaan lebih condong ke arah orientasi orang dan orientasi tim dimana perusahaan memberi nilai tinggi pada karyawan yang dapat menyesuaikan diri dalam sistem organisasi. Perusahaan juga menyukai karyawan yang setia dan mempunyai komitmen yang tinggi serta mengutamakan kerja sama tim.


  •  Tim Bisbol
Perusahaan berorientasi bagi para pengambil resiko dan inovator, perusahaan juga berorientasi pada hasil yang dicapai oleh karyawan, perusahaan juga lebih menyukai karyawan yang agresif. Perusahaan cenderung untuk mencari orang-orang berbakat dari segala usia dan pengalaman, perusahaan juga menawarkan insentif finansial yang sangat besar dan kebebasan besar bagi mereka yang sangat berprestasi.


  • Benteng
Perusahaan condong untuk mempertahankan budaya yang sudah baik. Menurut Sonnenfield banyak perusahaan tidak dapat dengan rapi dikategorikan dalam salah satu dari empat kategori karena merek memiliki suatu paduan budaya atau karena perusahaan berada dalam masa peralihan.


Sumber penulisan : http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/04/teori-budaya-organisasi.html
Daftar Pustaka : FX. Suwarto, Drs., MS , Gibson ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar